The S.I.G.I.T. Indonesia Rock Star


The S.I.G.I.T. merupakan Band Rock yang berasal dari Bandung yang di gawangi Rekti Yoewono (vokal), Farri Icksan (gitar), Acil Armando (drum), dan Adit Bagja (bass). Mereka mulai menghentak Musik Indonesia pada awal tahun 2000an dengan gaya bermusik rock roll mereka dapat mengambil celah di balik kerinduaan para pendengar di Indonesia yang kala itu jarang menemukan band rock n roll di luar dari band-band luar negri saat itu.

The S.I.G.I.T. merupakan singkatan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent nama ini sendiri di dapati Rekti (vocal) ketika ia iseng iseng ngesearch nama dirinya dan bapaknya di google, ini dia pengakuannya. "Awalnya itu, saya kalau lagi nggak ada kerjaan, kalau lagi di Internet suka ke Google, iseng nyari nama sendiri. "Rekti" kalau di luar apa ya?,tutur vokalis-gitaris berusia 25 tahun itu. Terus ngetik nama bapak saya, Sigit. Terus ternyata, Sigit.com itu Science Interest Group, keren juga ya. Jadi gue cari kata-kata sendiri", tuturnya.

Kuartet asal Bandung yang menggabungkan tema lirik yang kontemplatif dengan musik Rock & Roll dan Hard Rock, di mana Led Zeppelin, The Clash dan The Beatles menjadi pengaruh utama yang menyatukan selera keempat sahabat ini. Kami ter-influence lagu-lagu lama, tapi intinya kami memang suka ngerock, kata bassis Aditya Bagja Mulyana alias Adit, 25 tahun. Bukan ngepop, karena kami bukan penyanyi yang baik.

Sejarah saat band ini terbentuk pada tahun 1997 mereka belum menamakannya The S.I.G.I.T. 2002 baru mereka pakai. Kala itu ketika Rekti, Aditya, dan Acil yang telah saling kenal sejak duduk di bangku SMA, mereka kerap latihan band bersama-sama dengan pengaruh gaya bermusik Led Zeppelin, The Stone Roses, dan banyak band rock klasik. Farri mulai berabung dengan band tersebut, dengan kemampuannya dalam “recording dan arranging” dengan kecocokan gaya bermusik yang sama dan dimulailah pengarapan lagu yang mereka ciptakan sendiri.

Di tahun 2004 mereka membuat demo album yang berjudul "Self Titled" dan berisikan 6 lagu. Lagu-lagu mereka diperkenal ke publik dengan memanfaatkan media sosial pada saat itu, seperti Myspace, Friendster, dan Facebook. Sungguh beruntung nasib mereka, sebuah label lokal bernama Fast Forward (FFWD) mendengar album mini itu dan menghubungi Rekti untuk menandatangani kontrak manajemen.

Pada tahun 2007 The Sigit mengeluarkan full album berjudul "Visible Idea of Perfection". Album ini terdiri dari 14 lagu dan kesemua lagu mereka ini mematerikan bahasa Inggris dan dikeluarkannya Mini Album kembali Hertz Dyslexia Part I pada 2009 dan Hertz Dyslexia Part II pada tahu 2011.

Kemudian di Tahun 2013 The Sigit kembali meluncurkan album baru yang bertajuk "Detourn". Album ini terdiri dari 11 lagu dan seperti pada album sebelumnya, kesemua lagu mereka ini berbahasa Inggris.

Mereka yang mencintai karya-karya Rekti cs menyebut dirinya sebagai Insurgent Army, yang hampir tak pernah absen jika The S.I.G.I.T. manggung. Rata-rata lagu yang populer bawakan berbahasa Inggris namun Acil (drumer) menjelaskan kenapa bahasa Inggris yang mereka pakai dalam kata-kata di liriknya karena mereka ingin beda, dan sederhananya mereka lebih senang main dengan kata-kata bahasa Inggris. “Kalau dengan bahasa Inggris lebih mudah mendapat gabungan kata, dan maknanya lebih dalam,” ujarnya.

Hal hasil mereka kerap berlaga di panggung-panggung Internasional seperti membuat tour yang bertajuk Visible Idea of Perfection yang juga menjadi nama album pertama mereka di Australia dan tercatat menjadi pengisi acara dalam banyak festival musik di Amerika Serikat seperti SXSW.
Walau begitu mereka di kabarkan akan mengemas lagu dengan bahasa Indonesia nantinya hal ini di nyatakan sang gitaris Farri.

"Selama belasan tahun SIGIT berkarir, mungkin akan ada lagu yang liriknya berbahasa Indonesia. Kita memang kelihatannya jago bahasa Inggris, tapi sebenarnya kita juga belajar." Ternagnya.
Lagu berbahasa Indonesia itu, nantinya akan hadir di album teranyar The S.I.G.I.T. yang saat ini sudah mulai dikerjakan hingga 30 persen.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Grup Band / The S.I.G.I.T. dengan judul The S.I.G.I.T. Indonesia Rock Star. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kuydengarmusik.blogspot.com/2016/09/the-sigit-indonesia-rock-star.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Montaineer Indonesia - Jumat, 09 September 2016

Belum ada komentar untuk "The S.I.G.I.T. Indonesia Rock Star"

Posting Komentar